Pages

Senin, 26 April 2010

CONTOH CITIZEN JOURNALISM

Saat ini pers berada dalam situasi di mana pengertian wartawan dan media mengalami pergeseran penting sebagai akibat dari perkembangan dua hal, yaitu perkembangan jurnalistik dan perkembangan media. Dunia jurnalistik kini mengalami perubahan. Dulu, reportase adalah tugas khusus yang dibebankan kepada wartawan atau reporter media massa. Sekarang setiap warga bisa melaporkan peristiwa kepada media. Inilah yang kemudian disebut citizen journalism, participatory journalism, atau ada juga yang menyebutkan open source journalism.
Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan kegiatan dimana peran wartawan atau kegiatan jurnalistik bisa dilakukan oleh masyarakat yang secara formal bukan wartawan. Kegiatan yang dilakukannya sama dengan wartawan pada umumnya, yakni mengumpulkan informasi, menulis berita, mengedit dan menyiarkannya.
Dalam menyiarkan informasinya, citizen journalism bisa dilakukan dengan mengirim tulisannya kepada media massa seperti koran atau media online, kemudian redaksi memutuskan apakah tulisan tersebut layak atau tidak untuk dipublikasikan melalui media massanya.
Citizen journalism berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasi, media terutama internet. Karena setiap orang kini bisa menulis dan menyampaikan tulisannya kepada khalayak dengan mudah.
Contoh citizen journalism di Jawa Pos edisi senin 22 maret 2010. disini dituliskan bahwa supartini seorang ibu rumah tangga yang tinggal di perumahan taman pondok legi IV yang mengeluhkan pelayanan perusahaa daerah air minum (PDAM), dimana air PDAM yang setiap hari hanya keluar antara pukul 23.00 sampai subuh, ternyata diperparah pada setiap hari libur air PDAM juga ikut libur alias mampet.
Dalam contoh diatas ibu supartini bisa dikatakan sebagai citizen journalism karena memberikan informasi kepada publik dengan melalui media cetak Jawa Pos tentang kejadian atau informasi yang dihadapinya.

0 komentar:

Posting Komentar