Pages

Senin, 19 April 2010

FUNGSI KOMUNIKASI MASSA

A.Fungsi Komunikasi Massa Bagi Masyarakat
McQuail menyatakan bahwa fungsi komunikasi massa untuk masyarakat meliputi:
1.Informasi:
Menyediakan informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia.
Menunjukkan hubungan kekuasaan.
Memudahkan inovasi, adaptasi, dan kemajuan
2.Korelasi:
Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.
Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.
Melakukan sosialisasi.
Mengkoordinasi beberapa kegiatan. Membentuk kesepakatan.
Menentukan urutan prioritas dan memberikan status relatif.
3.Kesinambungan:
Mengepresikan budaya dominan dan mengakui keberadaan kebudayaan khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai.
4.Hiburan:
Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian, dan sarana relaksasi.
Meredakan ketegangan sosial.
5.Mobilisasi:
Mengkampanyekan tujuan masyarakat dalam bidang politik, perang, pembangunan ekonomi, pekerjaan, dan kadang kala juga dalam bidang agama.


B.Fungsi komunikasi massa bagi Individu
Sedangkan fungsi komunikasi massa untuk individu meliputi:
1.Informasi:
Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
Belajar, pendidikan diri sendiri.
Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2.Identitas pribadi:
Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
Menemukan model perilaku.
Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3.Integrasi dan interaksi sosial:
Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.
Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
Memperoleh teman selain dari manusia.
Membantu menjalankan peran sosial.
Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluiarga, teman, dan masyarakat.
4.Hiburan:
Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
Bersantai.
Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
Mengisi waktu. Penyaluran emosi.
Membangkitkan gairah seks.
Daftar Pustaka
McQuail, Denis. Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, 1987

0 komentar:

Posting Komentar